Pari manta juga punya 'sidik jari'

Apakah Anda mengetahui bagaimana membedakan individu pari manta satu dengan individu lainnya? Hmmm…apakah mereka berbeda-beda? Sepertinya mereka terlihat sama saja tuh?
Individu betina berwarna putih (chevron) dengan bagian ventral yang dipenuhi totol-totol hitam (Foto: Nusantara/Edy Setyawan) 

Jika kita melihat sekilas, pari manta satu dengan pari manta yang lain secara umum tidaklah berbeda. Secara sekilas, yang membedakan dari mereka adalah ukuran dan warna dominan dari tubuh mereka. Tahukah Anda kalau mereka memiliki perbedaan yang unik antar individu pari manta? Seperti manusia yang memiliki sidik jari, setiap individu pari manta juga memiliki pola yang spesifik yang bisa digunakan sebagai kunci identifikasi. Peneliti menemukan bahwa pari manta memiliki ‘sidik perut’, dimana bagian ventral dari setial individu pari manta biasanya memiliki pola totol-totol berwarna hitam. Pola ini diyakini tidak akan berubah sepanjang hidup mereka sehingga kita bisa mengenali setiap individu pari manta dari ‘tato’ mereka ini.

Individu pari manta betina (tidak ada klasper) berwarna gelap (melanistic). Individu yang berukuran sekitar 3 meter ini difoto di Manta Sandy (Raja Ampat) (Foto: Nusantara/Edy Setyawan)

Dengan menggunakan belly print ini, para peneliti bisa mendokumentasikan setiap individu pari manta melalui identifikasi foto (photo ID) ke dalam sebuah basis data. Basis data ini lebih jauh bisa digunakan untuk menghitung jumlah populasi pari manta di suatu perairan, menelusuri pola migrasi atau pergerakan dari individu pari manta atau mengetahui kecenderungan suatu individu pari manta terhadap lokasi-lokasi tertentu. Dengan menggunakan identifikasi foto, kita juga mengetahui jenis kelamin dari suatu individu pari manta. Individu jantan memiliki dua klasper yang posisinya berada dekat dengan ekornya. Dengan demikian, kita bisa mengetahui komposisi individu jantan dan betina dari populasi pari manta. Selain itu, kita juga bisa mengetahui komposisi jumlah individu pari manta yang warnanya dominan putih (chevron) atau gelap (melanistic).

Comments