Bersepeda di Kebun Raya Bogor



Salah satu hobi Nusantara-1 adalah bersepeda. Di usia beranjak dua tahun, kami memperkenalkan sepeda keseimbangan (balance bike) kepadanya. Sepeda ini layaknya sepeda anak-anak pada umumnya. Yang berbeda, sepeda ini tidak memiliki pedal, hanya 2 roda kecil di depan dan belakang. Alih-alih sepeda anak-anak dengan 2 roda bantuan di belakang (sepeda roda 4), kami sengaja memilihkan untuknya sepeda keseimbangan untuk belajar mengendarai sepeda.

Pada awalnya, Nusantara-1 masih enggan menggunakan sepedanya. Namun, perlahan-lahan dia mulai menyukai sepedanya dan menikmati bersepeda dengan balance bike. Pelan tapi pasti, Nusantara-1 mulai menguasai sepedanya dan mulai fasih meluncur. Memang begitulah. Pada tahapan ini, sepeda keseimbangan memang digunakan untuk mendapatkan suatu kondisi yang dinamakan seimbang sehingga saat bersepeda tidak jatuh. Nama sesuai dengan fungsinya bukan?!



Akhir pekan, kami memutuskan untuk pergi ke kebun raya bogor untuk memuaskan dahaga kami akan ruang terbuka hijau yang sulit kami dapatkan semenjak kembali ke Indonesia beberapa bulan lalu. Sulit memang untuk mendapatkan lanskap yang rindang dan hijau dengan mudah di Jakarta tanpa harus terjebak macet dan berlama-lama di jalanan ibukota. Kebetulan kami sudah lama sekali tidak ke Bogor, tempat kami (ayah dan ibu Nusantara) menyelesaikan bangku kuliah beberapa tahun silam. Dan Nusantara-1 pun bersuka cita meluncur diantara rindangnya pepohonan yang tinggi di Kebun Raya Bogor. Test drive!

Comments