Russel E. Train EFN Professional Development Grant

Professional Development Grant dari Russell E. Train Education for Nature (EFN) Program of World Wildlife Fund U.S.Image result for russell e train Education for nature logo

Bagai mendapatkan angin sejuk, WWF sedang membuka kesempatan untuk mendapatkan “dana segar” melalui program Russel E. Train Education for Nature (EFN). EFN menyediakan Professional Development Grant bagi individu/perorangan untuk meningkatkan kapasitasnya di bidang konservasi. Lembaga yang berkantor di Washington D.C ini menyediakan beberapa skema pendanaan yang bisa diperoleh dengan proses seleksi dan persaingan yang sangat ketat, antara lain: biaya perjalanan untuk menghadiri konferensi atau short-term training course (travel grant), beasiswa untuk mengikuti program master (S2) di bidang konservasi, dan dana untuk mengadakan pelatihan/lokakarya. EFN sangat mendukung kegiatan yang mampu memberikan kontribusi untuk konservasi.

Langsung saya klik http://www.worldwildlife.org/science/fellowships/train/item1828.html. Link skema pendanaan untuk short-term training course. Beberapa kriteria yang utama yang disyaratkan oleh EFN kepada calon pemohon grant, diantaranya:
  1. Memiliki pengalaman kerja minimal 3 tahun di bidang konservasi. Untungnya 3 tahun ini tidak dihitung dari sejak lulus kuliah. Jadi pengalaman selama di Fisheries Diving Club (FDC) selama kuliah bisa dimasukkan. Jadi lolos untuk syarat yang satu ini.
  2. Pekerjaan yang sekarang dan kegiatan training course yang akan diikuti harus memberikan kontribusi pada kegiatan konservasi. Alhamdulillah terpenuhi syarat yang ini. Saat itu dan hingga saat ini, saya bekerja di Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI). Silakan berkunjung di www.terangi.or.id.
  3. Tidak sedang terdaftar sebagai mahasiswa pada program akademik
  4. Saat ini sedang bekerja di bidang konservasi dan akan melanjutkan pekerjaan setelah kegiatan training course berakhir
  5. Belum pernah menerima grant dari EFN atau selama 3 tahun ke belakang.
Oia, untuk short-term training course ini, EFN berbaik hati dengan memberikan dana hingga USD 5.000. Dana yang sangat cukup untuk menutupi seluruh perjalanan saya di US. Cling..cling….

Oke, kriteria telah terpenuhi. Tinggal menyiapkan aplikasinya. Proses aplikasinya sendiri dilakukan secara online. Selain harus mengisi formulir yang disediakan, ada dua dokumen yang harus disertakan dalam aplikasi, yaitu: acceptance letter dari kegiatan training course yang akan diikuti dan surat pengantar dari kantor (Employer Approval) yang menyatakan bahwa saya diperbolehkan untuk mengikuti kegiatan training course. Untuk kedua dokumen ini, Alhamdulillah tidak ada masalah. Tanggal 13 Mei 2011, aplikasi sudah di-submit dan tinggal menunggu balasan dari EFN dengan harap-harap cemas. Soalnya, kalau tidak berhasil dapat grant dari EFN, mau cari kemana lagi uang sebanyak hampir 50 juta itu. Bisa-bisa gagal berangkat.

Usaha sudah dilakukan, saatnya berdoa memohon yang terbaik dan bertawakal.

16 Mei 2011. Ada email dari EFN menanyakan beberapa hal terkait aplikasi, termasuk tugas dan tanggungjawab yang sekarang saya emban di dalam pekerjaan. Saya pikir, pertanyaan ini menandakan bahwa aplikasi saya tidak langsung ditolak dan masih mendapatkan pertimbangan dari EFN.

Alhamdulillah 3 hari kemudian. Aplikasi saya diterima oleh EFN dan saya menerima USD 4.400 dari USD 4.980 yang saya ajukan. Alhamdulillah…betapa bersyukurnya saya mendapatkan kenikmatan ini. Grant dari EFN sudah cukup untuk membiayai seluruh biaya perjalanan (tiket pesawat) dan biaya training course-nya.

Begitulah….satu per satu jalan itu terbuka dengan semangat dan optimisme!

Comments