Tentang beasiswa New Zealand – NZAS (Bagian 2)


6. Kapan pendaftaran beasiswa ini dibuka?

Pendaftaran dibuka setiap tahun. Pada 2018, pendaftaran dibuka pada 1 Februari 2018 dan ditutup pada pertengahan Maret 2018.

7. Bagaimana cara mendaftar beasiswa ini?

Bagi aplikan dari Indonesia, semua proses aplikasi dilakukan secara online melalui laman ini. Secara umum, beberapa langkah yang harus dilalui untuk mendaftar, antara lain:
  • Mengecek status Anda apakah memenuhi syarat pendaftaran (Eligibility test)
  • Membuat akun RealMe dari pemerintah NZ. Catatan: ingat baik-baik username dan password akun RealMe Anda karena ini akan selalu digunakan untuk mengakses laman aplikasi beasiswa Anda.
  • Mendaftarkan diri pada sistem aplikasi beasiswa secara online. Catatan: Anda perlu memasukkan ‘eligibility code’ yang didapatkan di akhir Eligibility test.
  • Melengkapi formulir aplikasi beasiswa. Aplikasi ini sebaiknya dilengkapi dan dimasukkan seminggu sebelum penutupan untuk menghindari hal-hal teknis yang tidak diinginkan seperti kesalahan sistem aplikasi.

8. Apakah harus punya sertifikat IELTS untuk mendaftar? Boleh ga pake TOEFL?

Tidak perlu pakai sertifikat IELTS untuk mendaftar. Saya sendiri mendaftar dengan menggunakan TOEFL ITP dan diperbolehkan. Selain itu, bagi aplikan yang lolos seleksi wawancara dan belum memenuhi syarat Bahasa Inggris (masih memakai TOEFL atau belum memenuhi syarat IELTS) akan diminta untuk mengikuti tes IELTS yang akan diurus langsung dan dibiayai oleh panitia seleksi NZAS dari Jakarta. Catatan: untuk IELTS, nilai keseluruhan harus di atas 6,5 dan tidak ada komponen dengan nilai kurang dari 6,0.


9. Apakah harus diterima dulu di kampus yang dituju alias dapat LoA?

Tidak perlu. Jika aplikan lolos seleksi beasiswa dan dinyatakan sebagai kandidat utama (preferred candidate), aplikan tersebut akan diberi kesempatan untuk mendaftarkan diri ke kampus yang dituju. 
Catatan untuk pendaftar PhDSangat disarankan untuk aplikan S3 untuk mulai menghubungi pembimbing PhD di kampus yang ingin dituju. Sebaiknya ini dilakukan sebelum Anda mulai mendaftar. Proses ini sebenarnya susah-susah gampang karena kita harus bisa meyakinkan calon pembimbing PhD untuk bisa menerima kita di laboratorium mereka, apakah ada slot kosong di laboratorium mereka untuk mahasiswa PhD, apakah mereka punya riset yang sesuai dengan minat kita, apakah mereka tertarik dengan proposal yang kita ajukan. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Pengalaman saya, saya sudah mendapatkan seorang professor yang bersedia menjadi pembimbing PhD dan saya juga sudah mendapatkan LoA dari University of Auckland saya sebelum mendaftar NZAS.

10. Berapa lama proses seleksi beasiswa NZAS?

Secara umum, proses seleksi berlangsung kurang lebih 8 bulan, sejak dibuka pendaftaran (awal Febuari) hingga pengumuman hasil seleksi (akhir September) yang menyatakan apakah aplikan merupakan kandidat utama, kandidat cadangan, atau tidak berhasil lolos seleksi.



Comments